YESUS KRISTUS: Penebus Dosa Manusia



Baca:  Kolose 1:1-14

"di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa."  Kolose 1:14








        Sebelum kita bertobat dan menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat, kita sesungguhnya berada di dalam cengkeraman kuasa kegelapan.  Kita berada di bawah kekuasaan kerajaan Iblis dan diperbudak oleh dosa seperti tertulis:  "Dahulu memang kamu hamba dosa,"  (Roma 6:17), dan sedang berjalan menuju kepada kebinasaan kekal.  Namun syukur kepada Allah, karena kasihNya  "...Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal."  (Yohanes 3:16).

     Jadi inisiatif keselamatan itu datangnya dari Allah sendiri.  Dia membebaskan kita dari cengkeraman kuasa dosa dan memerdekakan kita dari dosa melalui PuteraNya Yesus Kristus.  Kepada setiap orang yang percaya dan beriman kepada Yesus Kristus Kasih Allah dinyatakan.  Tuhan Yesus menyampaikan hal ini dalam doaNya kepada Bapa,  "...memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku; dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka."  (Yohanes 17:25-26).  Ini menunjukkan bahwa setiap orang yang berada di luar Kristus  (tidak berada di dalam Dia) belum ditebus dan belum beroleh pengampunan dosa.  Jika di luar Tuhan Yesus kita dapat menerima pengampunan dosa, Dia tidak perlu mati di atas kayu salib;  melalui pengorbanan Kristus kita diperdamaikan dengan Allah dan tidak lagi berada di bawah kuasa hukum dosa.

     Kita ditebus bukan dengan barang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah Kristus yang mahal, yang tak bernoda dan tak bercacat  (baca  1 Petrus 1:18-19).  Jadi  "...tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan."  (Ibrani 9:22b).  Namun, darah binatang tidak dapat menebus dosa manusia,  "Sebab tidak mungkin darah lembu jantan atau darah domba jantan menghapuskan dosa."  (Ibrani 10:4).  Di zaman Perjanjian Lama darah binatang sebagai korban penebusan dosa hanyalah lambang dari korban yang sesungguhnya darah Kristus.

Dosa manusia hanya dapat ditebus oleh Darah Anak Domba Allah yaitu darah Yesus Kristus saja!